RPP PKn Kelas 4 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             :           SDN 1Temurejo
Mata Pelajaran :           Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester          :           IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu                     2 x 35  menit (1 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
4.   Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

C.   Indikator
1.    Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
2.    Jenis-jenis budaya Indonesia yang ditampilkan dalam misi internasional.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan.
2.    Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis budaya Indonesia yang ditampilkan dalam misi internasional.
v  Karakter siswa yang diharapkan : 
1.  Dapat dipercaya (Trustworthines)         6. Berani (courage)
2.  Rasa hormat dan perhatian (respect)     7. Integritas (integrity),
3.  Tekun (diligence)                                   8. Peduli (caring),
4.  Tanggung jawab (responsibility)            9. Jujur (fairnes)
5.   Kewarganegaraan (citizenship)



E.     Materi Ajar
Globalisasi telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk kebudayaan. Kebudayaan merupakan kepribadian suatu bangsa. Budaya itu adalah pikiran dan akal budi. Beberapa contoh budaya bangsa adalah nyanyian dan lagu, berbagai tari – tarian, berbagai alat musik khas, berbagai seni seni pertunjukkan, dan berbagai budaya khas lainnya. Wilayah Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke, karena itulah Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan masing – masing daerah memiliki ciri khas sendiri – sendiri.
Sebagai sebuah bangsa yang baik, kita juga harus bergaul dengan bangsa lain yang kebudayaannya berbeda. Akan tetapi, tidak semua budaya asing kita terima. Kita perlu menyaring dan memilih budaya asing yang masuk, sehingga tidak berdampak buruk bagi budaya asli bangsa Indonesia. Adapun cara kita memperkenalkan kebudayaan asli bangsa Indonesia adalah dengan melakukan misi kebudayaan internasional ke manca negara. Tujuan melakukan misi kebudayaan internasional yaitu untuk memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia, sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia yang pada akhirnya menambah devisa negara. Hal tersebut merupakan keuntungan bagi bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan mempunyai beraneka ragam kebudayaan.
Beberapa contoh tim kesenian yang pernah tampil di tingkat internasional :
ü  Kelompok kesenian Bougenville yang berasal dari Kalimantan Barat diundang ke Madrid, Spanyol.
ü  Grup seni tradisional Indonesia, Nanglang Danasih tampil di Roma\, Italia.
ü  Tim kesenian Sumatra Selatan ke Malaysia.
ü  Tim kesenian Bali ke Chili dan Peru.
ü  Tim kesenian Jaipong dan Rampak Gendang ke Irak.
ü  Wayang kulit

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal ( 15 menit )
Ø  Apersepsi :
1.    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
Ø  Motivasi :
1.    Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia.
2.    Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia, seperti tarian tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
Kegiatan Inti ( 45 menit )
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.    Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia.
2.    Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan kebudayaan asing.
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Guru memberikan penjelasan tentang pengertian globalisasi internasional,
2.    Mencari dari berbagai sumber tentang ragam budaya yang ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
3.    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
4.    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
5.    Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
6.    Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
7.    Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
v Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.        Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
3.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

H.    Sumber/Bahan Belajar
Ø  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
Ø  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.


I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional?

 


Blora, 18 Februari 2015
Mengetahui,


Kepala Sekolah

Guru / Mahasiswa



Suwarto, S.Pd

Ahmad Tulus Widodo
NIP.  

NIM.








LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester   :  IV / II
Hari / Tanggal      :

Petunjuk Umum!
1.      Kerjakan tugas ini dengan baik!
2.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu!

Jawablah pertanyaan dibawah ini dan diskusikan dengan anggota kelompokmu!
      1.            Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia!
      2.            Mengapa globalisasi terjadi?
      3.            Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional!















TES FORMATIF
Nama          :                           
No.Absen   :                           
I.            Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1.      Berikut merupakan pengaruh positif globalisasi, kecuali
a.    Menjadi lebih kreatif
b.    Mudah memperoleh informasi
c.    Menambah wawasan pengetahuan kita
d.   Melunturkan nilai – nilai agama
2.      Berikut akibat terjadinya globalisasi, kecuali
a.    Banyak perusahaan asing di Indonesia
b.    Wilayah indusri makin luas
c.    Berkomunikasi makin cepat dan mudah
d.   Kita mudah mendapat produk luar negeri
3.      Media massa sebagai penyampai informasi dengan cara dibaca adalah
a.    Televisi                                                                c. Radio
b.    Koran                                                                  d. Telepon
4.       Banyak perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia sebab
a.    Situasi negara relatif  aman
b.    Upah tenaga kerja tinggi
c.    Sumber daya alam terbatas
d.   Konsumen Indonesia sedikit
5.      Untuk berkomunikasi lewat HP, maka diperlukan untuk memancarkannya.
a.    Generator                                                            c. Proyektor
b.    Satelit                                                                  d. Antena
6.      Pengaruh positif adanya globalisasi adalah
a.      Informasi lebih cepat
b.      Kehidupan meningkat
c.      Mudah mendapat makanan
d.     Kebutuhan masyarakat sulit didapat
7.      Manusia tidak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Sehingga disebut
a.       Makhluk politik                                                 c. Makhluk sosial
b.      Makhluk individu                                             d. Makhluk berbudi
8.      Salah satu pengaruh buruk jika sering menonton televisi adalah
a.       Mata menjadi cepat rusak
b.Bangun tidur  mudah
c.       Belajar makin giat
d.      Prestasi  meningkat
9.      Mendidik anak dari pengaruh globalisasi yang buruk merupakan tugas
a.    Pemerintah saja                                                   c. Guru saja
b.    Keluarga saja                                                       d. Semua benar
10.  Mencintai produk dalam negeri merupakan pengalaman Pancasila sila ke
a.      1                                                                          c. 3
b.      2                                                                          d. 4

II.            Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Global secara bahasa artinya
2.      Salah satu sifat alat trasportasi pada era globalisasi adalah …
3.      E-mail, chatting, dan teleconference adalah kemajuan di bidang
4.      Salah satu contoh manfaat telekomunikasi dalam dunia perbankan adalah
5.      Salah satu contoh perubahan sosial akibat globalisasi adalah









KUNCI JAWABAN DAN KRITERIA PENILAIAN

KUNCI JAWABAN
I
1.
D

2.
B

3.
B

4.
A

5.
B

6.
A

7.
C

8.
A

9.
D

10.
C
II
1.
Umum

2.
Lebih cepat

3.
Komunikasi

4.
e-banking, ATM

5.
Pudarnya budaya gotong royong


KRITERIA PENILAIAN

I.
Pilihan Ganda
10 x 5
=
50
II.
Essay
5 x 10
=
50





Nilai


100






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             :           SDN 1 Temurejo
Mata Pelajaran :           Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas   / Semester        :           IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu                     2 x 35  menit (1 pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
4.    Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
B.       Kompetensi Dasar
4.3  Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
C.      Indikator
1.        Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi dilingkungannya.
D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi dilingkungannya.
v   Karakter siswa yang diharapkan : 
1.      Dapat dipercaya (Trustworthines)     6. Tekun (diligence)
2.      Rasa hormat dan perhatian (respect)  7. Berani (courage)
3.      Tanggung jawab (responsibility)        8. Integritas (integrity),
4.      Peduli (caring )                                  9. Jujur (fairnes)
5.      Kewarganegaraan (citizenship)

E.     Materi Ajar
Sikap terhadap pengaruh globalisasi
@  Lingkungan sekolah
Di sekolah perlu ditekankan pelajaran budi pekerti serta pengetahuan tentang globalisasi. Dengan demikian siswa tidak terjerumus dalam perilaku negatif akibat globalisasi seprti kenakalan remaja atau tawuran antarpelajar.
@  Lingkungan keluarga
Cara yang baik mencegah masuknya penaguh negatif globalisasi adalah meningkatkan peran orang tua. Orang tua hendaknya selalu menekankan rasa tanggung jawab pada anak. Orang tua juga menerapkan atuan yang tegas yang harus ditaati setiap anggota keluarga, namun tanpa mengurangi kasih sayang dan perhatian pada anak.
@  Lingkungan masyarakat dan lingkungan keagamaan
Dalam mencegah pengaruh negatif globalisasi masuk ke masyarakat, peran tokoh masyarakat dan agama sangat diperlukan. Mereka harus mampu menjadi contoh bagi umat atau anggota masyarakat.
@  Lingkungan pemerintah dan negara
Pemerintah merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan atau hukum, salah satu di antaranya berusaha mencegah masuknya pengaruh negatif globalisasi. Untuk melakukannya, pemerintah dapat melakukannya melalui lembaga peradilan, kepolisian dan lain – lain.
F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
G.    Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal ( 10 menit )
1.      Guru memberi salam dan berdo’a.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
3.      Guru memberi motivasi kepada siswa.
Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia.
2.      Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Guru menjelaskan tentang dampak positif dan negatif dari globalisasi.
2.      Diskusi dengan teman sebangku mengenai sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam kehidupan sosial untuk menghadapi globalisasi.
3.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
4.      Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
5.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
6.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
7.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup ( 15 menit )
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.


d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    Sumber/Bahan Belajar
1.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
2.      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengisi kolom skala sikap.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Bagaimana cara sikap kita terhadap globalisasi?



Blora, 23 Februari 2015
Mengetahui,


Kepala Sekolah

Guru / Mahasiswa



Suwarto, S.Pd

Ahmad Tulus Widodo
NIP.  

NIM.



LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester        :  IV / II
Hari / Tanggal            :                                  

Petunjuk Umum!
1.      Kerjakan tugas ini dengan baik!
2.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu!
Tulislah daftar acara televisi beserta keterangannya. Apakah A, BO, SU, atau DW dalam tabel di bawah ini!
No.
Nama Acara Televisi
Kategori Acara
A
SU
BO
DW
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.






Keterangan :
A         = Anak – anak
SU       = Semua Umur
BO      = Bimbingan Orang Tua
DW     = Dewasa


TES FORMATIF
Nama       :                              
No.Absen :                              
I.     Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1.      Terbawa arus perubahan yang negatif akibat globalisasi merupakan perbuatan yang melanggar Pancasila, sila ke
a. 2                                                           c. 4
b. 3                                                           d. 5
2.      Pengaruh globalisasi sebaiknya kita
a.       Biarkan                                               c. Seleksi
b.      Tolak                                                  d. Terima apa adanya
3.      Kita ingin mengetahui berbagai  jenis gambar – gambar kenampakan alam di dunia, maka sebaiknya kita pergi ke
a.       Stadion                                               c. Internet
b.      Wartel                                                d. Museum
4.      Berikut bukan pengaruh globalisasi terhadap pola kehidupan masyarakat adalah
a.       Gaya hidup                                        c. Komunikasi
b.      Kesederhanaan                                   d. Makanan
5.      Kita rela meninggalkan acara televisi pada saat jam belajar untuk menengok teman yang sakit. Berarti kita telah mengamalkan pancasila sila ke
a.       1                                                         c. 5
b.      2                                                         d. 3
6.      Sering main playstation dan mengabaikan nasihat orang tua merupakan perbuatan yang bertentangan dengan Pancasila sila ke
a.       1                                                         c. 5
b.      2                                                         d. 3
7.      Orang yang menutup diri terhadap perubahan, jika diibaratkan pepatah
a.       Bagai air di daun talas                       c. Bagai pungguk merindukan bulan
b.      Bagai katak dalam tempurung           d. Bagai duri dalam daging
8.      Peristiwa di suatu negara dapat diketahui dengan cepat di negara lain, akibat kemajuan di bidang
a.       Transportasi                                        c. Perindustrian
b.      Telekomunikasi                                  d. Periklanan
9.      Nama produk makanan yang berasal dari luar negeri adalah
a.       Tape, ketan, udon                              c. Hamburger, tape ketan
b.      Pizza, spaghetti                                  d. Keripik pisang, balado
10.  Teknologi yang paling cepat berkembang saat ini adalah
a.       Pariwisata                                           c. Perindustrian
b.       Informasi                                           d. Transportasi

II.   Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Warnet singkatan dari
2.      Sikap terhadap pengaruh globalisasi adalah …
3.      Pemanfaatan jasa internet pengganti surat – menyurat disebut
4.      Salah satu contoh makanan global dari Amerika adalah …
5.      Alat komunikasi paling berpengaruh saat ini adalah















KUNCI JAWABAN DAN KRITERIA PENILAIAN

KUNCI JAWABAN
I
1.
B

2.
C

3.
C

4.
B

5.
B

6.
B

7.
B

8.
B

9.
B

10.
D
II
1.
Warung Internet

2.
Bijaksana dan hati – hati

3.
e-mail

4.
Hamburger

5.
Handphone


KRITERIA PENILAIAN

I.
Pilihan Ganda
10 x 5
=
50
II.
Essay
5 x 10
=
50




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             :           SDN 1Temurejo
Mata Pelajaran :           Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester          :           IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu                     2 x 35  menit (1 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
4.   Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

C.   Indikator
1.    Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
2.    Jenis-jenis budaya Indonesia yang ditampilkan dalam misi internasional.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan.
2.    Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis budaya Indonesia yang ditampilkan dalam misi internasional.
v  Karakter siswa yang diharapkan : 
1.  Dapat dipercaya (Trustworthines)         6. Berani (courage)
2.  Rasa hormat dan perhatian (respect)     7. Integritas (integrity),
3.  Tekun (diligence)                                   8. Peduli (caring),
4.  Tanggung jawab (responsibility)            9. Jujur (fairnes)
5.   Kewarganegaraan (citizenship)



E.     Materi Ajar
Globalisasi telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk kebudayaan. Kebudayaan merupakan kepribadian suatu bangsa. Budaya itu adalah pikiran dan akal budi. Beberapa contoh budaya bangsa adalah nyanyian dan lagu, berbagai tari – tarian, berbagai alat musik khas, berbagai seni seni pertunjukkan, dan berbagai budaya khas lainnya. Wilayah Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke, karena itulah Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan masing – masing daerah memiliki ciri khas sendiri – sendiri.
Sebagai sebuah bangsa yang baik, kita juga harus bergaul dengan bangsa lain yang kebudayaannya berbeda. Akan tetapi, tidak semua budaya asing kita terima. Kita perlu menyaring dan memilih budaya asing yang masuk, sehingga tidak berdampak buruk bagi budaya asli bangsa Indonesia. Adapun cara kita memperkenalkan kebudayaan asli bangsa Indonesia adalah dengan melakukan misi kebudayaan internasional ke manca negara. Tujuan melakukan misi kebudayaan internasional yaitu untuk memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia, sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia yang pada akhirnya menambah devisa negara. Hal tersebut merupakan keuntungan bagi bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan mempunyai beraneka ragam kebudayaan.
Beberapa contoh tim kesenian yang pernah tampil di tingkat internasional :
ü  Kelompok kesenian Bougenville yang berasal dari Kalimantan Barat diundang ke Madrid, Spanyol.
ü  Grup seni tradisional Indonesia, Nanglang Danasih tampil di Roma\, Italia.
ü  Tim kesenian Sumatra Selatan ke Malaysia.
ü  Tim kesenian Bali ke Chili dan Peru.
ü  Tim kesenian Jaipong dan Rampak Gendang ke Irak.
ü  Wayang kulit

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal ( 15 menit )
Ø  Apersepsi :
1.    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
Ø  Motivasi :
1.    Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia.
2.    Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia, seperti tarian tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
Kegiatan Inti ( 45 menit )
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.    Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia.
2.    Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan kebudayaan asing.
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Guru memberikan penjelasan tentang pengertian globalisasi internasional,
2.    Mencari dari berbagai sumber tentang ragam budaya yang ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
3.    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
4.    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
5.    Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
6.    Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
7.    Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
v Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.        Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
3.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

H.    Sumber/Bahan Belajar
Ø  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
Ø  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.


I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional?

 


Blora, 18 Februari 2015
Mengetahui,


Kepala Sekolah

Guru / Mahasiswa



Suwarto, S.Pd

Ahmad Tulus Widodo
NIP.  

NIM.








LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester   :  IV / II
Hari / Tanggal      :

Petunjuk Umum!
1.      Kerjakan tugas ini dengan baik!
2.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu!

Jawablah pertanyaan dibawah ini dan diskusikan dengan anggota kelompokmu!
      1.            Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia!
      2.            Mengapa globalisasi terjadi?
      3.            Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional!















TES FORMATIF
Nama          :                           
No.Absen   :                           
I.            Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1.      Berikut merupakan pengaruh positif globalisasi, kecuali
a.    Menjadi lebih kreatif
b.    Mudah memperoleh informasi
c.    Menambah wawasan pengetahuan kita
d.   Melunturkan nilai – nilai agama
2.      Berikut akibat terjadinya globalisasi, kecuali
a.    Banyak perusahaan asing di Indonesia
b.    Wilayah indusri makin luas
c.    Berkomunikasi makin cepat dan mudah
d.   Kita mudah mendapat produk luar negeri
3.      Media massa sebagai penyampai informasi dengan cara dibaca adalah
a.    Televisi                                                                c. Radio
b.    Koran                                                                  d. Telepon
4.       Banyak perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia sebab
a.    Situasi negara relatif  aman
b.    Upah tenaga kerja tinggi
c.    Sumber daya alam terbatas
d.   Konsumen Indonesia sedikit
5.      Untuk berkomunikasi lewat HP, maka diperlukan untuk memancarkannya.
a.    Generator                                                            c. Proyektor
b.    Satelit                                                                  d. Antena
6.      Pengaruh positif adanya globalisasi adalah
a.      Informasi lebih cepat
b.      Kehidupan meningkat
c.      Mudah mendapat makanan
d.     Kebutuhan masyarakat sulit didapat
7.      Manusia tidak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Sehingga disebut
a.       Makhluk politik                                                 c. Makhluk sosial
b.      Makhluk individu                                             d. Makhluk berbudi
8.      Salah satu pengaruh buruk jika sering menonton televisi adalah
a.       Mata menjadi cepat rusak
b.Bangun tidur  mudah
c.       Belajar makin giat
d.      Prestasi  meningkat
9.      Mendidik anak dari pengaruh globalisasi yang buruk merupakan tugas
a.    Pemerintah saja                                                   c. Guru saja
b.    Keluarga saja                                                       d. Semua benar
10.  Mencintai produk dalam negeri merupakan pengalaman Pancasila sila ke
a.      1                                                                          c. 3
b.      2                                                                          d. 4

II.            Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Global secara bahasa artinya
2.      Salah satu sifat alat trasportasi pada era globalisasi adalah …
3.      E-mail, chatting, dan teleconference adalah kemajuan di bidang
4.      Salah satu contoh manfaat telekomunikasi dalam dunia perbankan adalah
5.      Salah satu contoh perubahan sosial akibat globalisasi adalah









KUNCI JAWABAN DAN KRITERIA PENILAIAN

KUNCI JAWABAN
I
1.
D

2.
B

3.
B

4.
A

5.
B

6.
A

7.
C

8.
A

9.
D

10.
C
II
1.
Umum

2.
Lebih cepat

3.
Komunikasi

4.
e-banking, ATM

5.
Pudarnya budaya gotong royong


KRITERIA PENILAIAN

I.
Pilihan Ganda
10 x 5
=
50
II.
Essay
5 x 10
=
50





Nilai


100






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             :           SDN 1 Temurejo
Mata Pelajaran :           Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas   / Semester        :           IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu                     2 x 35  menit (1 pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
4.    Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
B.       Kompetensi Dasar
4.3  Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
C.      Indikator
1.        Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi dilingkungannya.
D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi dilingkungannya.
v   Karakter siswa yang diharapkan : 
1.      Dapat dipercaya (Trustworthines)     6. Tekun (diligence)
2.      Rasa hormat dan perhatian (respect)  7. Berani (courage)
3.      Tanggung jawab (responsibility)        8. Integritas (integrity),
4.      Peduli (caring )                                  9. Jujur (fairnes)
5.      Kewarganegaraan (citizenship)

E.     Materi Ajar
Sikap terhadap pengaruh globalisasi
@  Lingkungan sekolah
Di sekolah perlu ditekankan pelajaran budi pekerti serta pengetahuan tentang globalisasi. Dengan demikian siswa tidak terjerumus dalam perilaku negatif akibat globalisasi seprti kenakalan remaja atau tawuran antarpelajar.
@  Lingkungan keluarga
Cara yang baik mencegah masuknya penaguh negatif globalisasi adalah meningkatkan peran orang tua. Orang tua hendaknya selalu menekankan rasa tanggung jawab pada anak. Orang tua juga menerapkan atuan yang tegas yang harus ditaati setiap anggota keluarga, namun tanpa mengurangi kasih sayang dan perhatian pada anak.
@  Lingkungan masyarakat dan lingkungan keagamaan
Dalam mencegah pengaruh negatif globalisasi masuk ke masyarakat, peran tokoh masyarakat dan agama sangat diperlukan. Mereka harus mampu menjadi contoh bagi umat atau anggota masyarakat.
@  Lingkungan pemerintah dan negara
Pemerintah merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan atau hukum, salah satu di antaranya berusaha mencegah masuknya pengaruh negatif globalisasi. Untuk melakukannya, pemerintah dapat melakukannya melalui lembaga peradilan, kepolisian dan lain – lain.
F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
G.    Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal ( 10 menit )
1.      Guru memberi salam dan berdo’a.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
3.      Guru memberi motivasi kepada siswa.
Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia.
2.      Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Guru menjelaskan tentang dampak positif dan negatif dari globalisasi.
2.      Diskusi dengan teman sebangku mengenai sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam kehidupan sosial untuk menghadapi globalisasi.
3.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
4.      Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
5.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
6.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
7.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup ( 15 menit )
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.


d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    Sumber/Bahan Belajar
1.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
2.      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengisi kolom skala sikap.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Bagaimana cara sikap kita terhadap globalisasi?



Blora, 23 Februari 2015
Mengetahui,


Kepala Sekolah

Guru / Mahasiswa



Suwarto, S.Pd

Ahmad Tulus Widodo
NIP.  

NIM.



LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester        :  IV / II
Hari / Tanggal            :                                  

Petunjuk Umum!
1.      Kerjakan tugas ini dengan baik!
2.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu!
Tulislah daftar acara televisi beserta keterangannya. Apakah A, BO, SU, atau DW dalam tabel di bawah ini!
No.
Nama Acara Televisi
Kategori Acara
A
SU
BO
DW
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.






Keterangan :
A         = Anak – anak
SU       = Semua Umur
BO      = Bimbingan Orang Tua
DW     = Dewasa


TES FORMATIF
Nama       :                              
No.Absen :                              
I.     Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1.      Terbawa arus perubahan yang negatif akibat globalisasi merupakan perbuatan yang melanggar Pancasila, sila ke
a. 2                                                           c. 4
b. 3                                                           d. 5
2.      Pengaruh globalisasi sebaiknya kita
a.       Biarkan                                               c. Seleksi
b.      Tolak                                                  d. Terima apa adanya
3.      Kita ingin mengetahui berbagai  jenis gambar – gambar kenampakan alam di dunia, maka sebaiknya kita pergi ke
a.       Stadion                                               c. Internet
b.      Wartel                                                d. Museum
4.      Berikut bukan pengaruh globalisasi terhadap pola kehidupan masyarakat adalah
a.       Gaya hidup                                        c. Komunikasi
b.      Kesederhanaan                                   d. Makanan
5.      Kita rela meninggalkan acara televisi pada saat jam belajar untuk menengok teman yang sakit. Berarti kita telah mengamalkan pancasila sila ke
a.       1                                                         c. 5
b.      2                                                         d. 3
6.      Sering main playstation dan mengabaikan nasihat orang tua merupakan perbuatan yang bertentangan dengan Pancasila sila ke
a.       1                                                         c. 5
b.      2                                                         d. 3
7.      Orang yang menutup diri terhadap perubahan, jika diibaratkan pepatah
a.       Bagai air di daun talas                       c. Bagai pungguk merindukan bulan
b.      Bagai katak dalam tempurung           d. Bagai duri dalam daging
8.      Peristiwa di suatu negara dapat diketahui dengan cepat di negara lain, akibat kemajuan di bidang
a.       Transportasi                                        c. Perindustrian
b.      Telekomunikasi                                  d. Periklanan
9.      Nama produk makanan yang berasal dari luar negeri adalah
a.       Tape, ketan, udon                              c. Hamburger, tape ketan
b.      Pizza, spaghetti                                  d. Keripik pisang, balado
10.  Teknologi yang paling cepat berkembang saat ini adalah
a.       Pariwisata                                           c. Perindustrian
b.       Informasi                                           d. Transportasi

II.   Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Warnet singkatan dari
2.      Sikap terhadap pengaruh globalisasi adalah …
3.      Pemanfaatan jasa internet pengganti surat – menyurat disebut
4.      Salah satu contoh makanan global dari Amerika adalah …
5.      Alat komunikasi paling berpengaruh saat ini adalah

KUNCI JAWABAN DAN KRITERIA PENILAIAN

KUNCI JAWABAN
I
1.
B

2.
C

3.
C

4.
B

5.
B

6.
B

7.
B

8.
B

9.
B

10.
D
II
1.
Warung Internet

2.
Bijaksana dan hati – hati

3.
e-mail

4.
Hamburger

5.
Handphone


KRITERIA PENILAIAN

I.
Pilihan Ganda
10 x 5
=
50
II.
Essay
5 x 10
=
50


















Komentar